Pantai Balekambang

Taman Wisata Balekambang terletak di wilayah Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai Balekambang berjarak sekitar ± 65 km dari Kota Malang. Luas area Taman Wisata Pantai Balekambang sekitar kurang lebih 10 Ha yang mana status kepemilikan tanahnya merupakan milik Perhutani. Dari luas area sekitar kurang lebih 10 Ha, Taman Wisata Pantai Balekambang terdiri dari kawasan hutan lindung dan hutan produksi, penginapan, mushola, taman bermain, dan pantai.
Sebelumnya, Taman Wisata Pantai Balekambang dikelola oleh Desa Srigonco. Dan sejak tahun 1985 pengelolaan Taman Wisata Pantai Balekambang dialihkan kepada PD Jasa Yasa. Pembenahan demi pembenahan terus dilakukan seiring dengan berjalannya waktu. Pembenahan tersebut meliputi baik itu sarana maupun prasarana penunjang dengan tetap memperhatikan aspek-aspek sosial, budaya, kelestarian alam dan lingkungan, serta keamanan dan keselamatan para wisatawan.
Beberapa kelebihan yang dimiliki Taman Wisata Pantai Balekambang sebagai obyek wisata, antara lain:
1. Tumbuhnya pepohonan yang rimbun dan alami, sehingga memberikan iklim sejuk.
2. Memberikan pemandangan dua tempat yang berbeda, yaitu pantai dengan gelombang yang tenang dan pantai dengan gelombang yang besar.
3. Terdapatnya tiga pulau kecil di Pantai Balekambang sebagai tempat rekreasi, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni, yang mana masing-masing pulau dihubungkan dengan sebuah jembatan. Pada tahun 1985 telah dibangun sebuah Pura di Pulau Ismoyo, sehingga mirip dengan obyek wisata Tanah Lot di Bali.
4. Di sekitar Pantai Balekambang dapat digunakan sebagai bumi perkemahan oleh para wisatawan.
Jalanidhipuja atau ritual keagamaan yang dilakukan pemeluk agama Hindu atau dalam bulan Syura dalam penanggalan Jawa dilaksanakan upacara tradisional Labuhan dengan membuang sesaji di Pulau Ismoyo, merupakan beberapa atraksi wisata yang terkenal di Balekambang dan merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bagi wisatawan yang menginginkan menginap dengan nuansa udara serta kenyaman pantai, kami siapkan Penginapan.

 

 

FAMILY ROOM WIROJOYO       Rp. 1.500.00,-


PENGINAPAN WIBISONO II

  

 


Last Update:07-10-2017 19:27